Minggu, 25 Oktober 2015

pluralisme sebagai kekuatan persatuan (ilmu sosial dasar)

Chelsi Claudia
2SA02
Pluralisme sebagai kekuatan persatuan

Pluralisme menjadi sesuatu yang sangat sulit disatukan. Banyak konflik atau masalah di dunia ini terjadi karena pluralisme sendiri.

Namun Indonesia sebagai Negara yang memiliki begitu banyak suku dan perbedaan menjadikannya sebuah daya tarik atau nilai tambah.

“Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu jua ini mempunyai makna tersendiri yang menjadikan Indonesia sebagai Negara yang demokratis.

Perbedaan perbedaan yang disatukan dari macam macan kota dan suku ini membuat Indonesia menjadi unik dan memiliki nilainya tersendiri.

Memang sangat begitu sulit untuk mempersatukan begitu banyak suku yag sudah pasti memiliki pemahaman dan pendapatnya sendiri. Namun Negara Indonesia sebagai Negara yang cukup demokratis sudah cukup mengimbanginya. Walaupun masih banyak kota atau suku yang kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Namun tanpa disadari, inilah yang membuat Indonesia menjadi pemersatu dan juga menjadi kebanggaan Negara ketika sangat jarang sekali Negara yang memiliki keanekaragaman seperti yang Indonesia punya… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar