|
|||||
|
|||||
|
1. Pengertian Tulisan : Apa
itu menulis? Menulis adalah sebuah kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan
perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Dalam pengertian yang
lain, menulis adalah kegiatan untuk menyatakan pikiran dan perasaan dalam
bentuk tulisan yang diharapkan dapat dipahami oleh pembaca dan berfungsi
sebagai alat komunikasi secara tidak langsung. Dengan demikian, dapat kita
tegaskan bahwapengertian menulis adalah kegiatan seseorang untuk
menyampaikan gagasan kepada pembaca dalam bahasa tulis agar bisa dipahami oleh
pembaca.
2. Pengertian Iklan :
ü Komersial : Iklan Komersial
Iklan
komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendukung pemasaran
ataumempromosikan suatu produk atau jasa yang dihasilkan dari
perusahaan/industri maupun personal.
Ada 2 macam iklan komersial, yaitu:
· Iklan
Strategis. Iklan macam ini digunakan untuk membangun merek (brand).
Hal itudilakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat produk
maupun jasa yangdiiklankan. Perhatian utama dalam jangka panjang adalah
memposisikan merek sertamembangun pangsa pikiran dan pangsa pasar. Iklan macam
ini mengundang konsumenuntuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan
bahwa merek ini ada bagi para pengguna.
· Iklan Taktis
. Iklan
taktis adalah iklan yang memiliki tujuan yang mendesak. Iklanmacam ini
dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak denganmerek
tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka
pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.
ü Iklan Layanan Masyarakat
(Public Service Advertising).Iklan Layanan
Masyarakat merupakan bagian dari kampanye social marketing
yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan
masyarakat.Biasanya pesan Iklan Layanan Masyarakat berupa ajakan, pernyataan
atau himbauankepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan
demikepentingan umum atau merubah perilaku yang “tidak baik” supaya menjadi
lebih baik,misalnya masalah kebersihan lingkungan, mendorong penghargaan
terhadap perbedaan pendapat, keluarga berencana, dan sebagainya
3. Perbedaan
Iklan Komersil dan Layanan Masyarakat :
Iklan merupakan
berita pesanan untuk mendorong, membujuk orang agar tertarik pada barang yang
ditawarkan. Secara garis besar iklan dibagi menjadi dua, yang pertama iklan komersil yaitu iklan yang bertujuan untuk
meningkatkan pemasaran suatu produk dan jasa. Yang kedua iklan non komersil yaitu bagian dari
kampanye sosial dengan tujuan mengajak, menghimbau atau menyampaikan gagasan
demi kepentingan umum. Iklan non komersil lebih dikenal dengan iklan layanan
masyarakat.
4.
Contoh iklan komersil dan iklan layanan masyarakat
Iklan
non komersial biasa disebut juga sebagai iklan sosial atau iklan layanan
masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini tidak bertujuan untuk menawarkan
barang dan jasa. Biasanya iklan ini bertujuan untuk pencapaian kondisi berkehidupan
yang lebih baik (menurut pemasang iklan). Contoh iklan non komersial antara
lain; iklan tentang narkoba, iklan tentang rokok, iklan tentang pemanasan
global atau iklan tentang global warming, iklan tentang pencemaran air, dan
iklan tentang penggundulan hutan. Contoh-contoh iklan tadi merupakan sebagian
kecil dari contoh iklan layanan masyarakat atau non komersial.
Pembagian iklan menurut media yang digunakan.
Pembagian iklan menurut media yang digunakan.
iklan
komersial seperti iklan produk = iklan shampo clear, pasta gii ciptadent, iklan
nuvo, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar